Peunayong Adakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Gampong Tahun 2021

Warta Gampong – Pemerintah Gampong Peunayong menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Gampong Tahun 2021 untuk mengusulkan usulan-usulan prioritas daerah yang ada di Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Rabu, 27/01/2021) yang bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Keuchik Peunayong.

Acara Musrenbang dibuka secara resmi oleh Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag melalui Sekretaris Gampong Peunayong Teuku Mirwan Sahputra. Turut hadir dalam acara Musrenbang ini Pimpinan TPG beserta Anggota, Perangkat Gampong, Kepala UPTD. Puskesmas Kuta Alam dr. Laura Machnum beserta Bidang Promosi Kesehatan, Bhabinkamtbimas Gampong Peunayong T. Romi Hidayat, Babinsa Gampong Peunayong Zulkarnaen Hasibuan, Koordinator Kader Kesehatan, Unsur Pemuda dan Perwakilan Masyarakat Gampong Peunayong.

Keuchik Gampong Peunayong melalui Sekretaris Gampong Peunayong Teuku Mirwan Sahputra dalam sambutannya menyampaikan sebagai berikut:

Tujuan dan Luaran Musrenbang Gampong adalah untuk menyepakati prioritas kebutuhan/masalah dan kegiatan gampong yang akan menjadi bahan penyusunan RKPG dengan pemilahan sebagai berikut:

  • Prioritas kegiatan gampong yang dilakukan oleh gampong sendiri dan dibiayai melalui dana swadaya gampong/masyarakat;
  • Prioritas kegiatan gampong yang akan dilaksanakan oleh gampong yang dibiayai melalui ADG yang berasal dari APBK;
  • Prioritas masalah daerah yang ada di gampong yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah dan dibiayai melalui APBK Kota Banda Aceh ataupun APBA.
  • Menyepakati Tim Delegasi Gampong yang akan memaparkan persoalan daerah yang ada di gampong pada forum Musrenbang Kecamatan untuk penyusunan program pemerintah daerah/SKPK tahun berikunya.

Luaran Musrenbang Gampong adalah:

  • Daftar prioritas kegiatan untuk Menyusun Rencana Kerja Pembangunan Gampong untuk tahun anggaran yang direncanakan;
  • Daftar prioritas masalah daerah yang ada di gampong untuk disampaikan di Musrenbang Kecamatan;
  • Daftar nama Tim Delegasi Gampong yang akan mengikuti Musrenbang kecamatan (3 orang , minimal 1 orang perempuan);
  • Berita Acara Musrenbang Gampong.

Pemaparan oleh wakil masyarakat mengenai gambaran persoalan gampong menurut hasil kajian ataupun pengamatan yang disampaikan oleh Drs. M. Nasir Yusuf yang juga selaku Wakil Ketua Tuha Peuet Gampong Peunayong diantaranya permasalah pembangunan jalan dan drainase diperlukan kajian dan sesuai dengan kondisi lapangan bukan hanya saja membangunan tetapi diperlukan pertimbangan lainnya seperti jalan yang terus tinggi sementara ruko atau toko semakin rendah dan juga pengerjaan drainase tidak dilakukan finish.

Sementara untuk Pemaparan dari pihak kecamatan mengenai kebijakan dan prioritas daerah di wilayah kecamatan diwakili oleh UPTD Puskesmas Kuta Alam menyampaikan terkait perlu adanya dukungan pemerintah gampong dalam rangka menyemarakan Hari Penimbangan Nasional (HPN) yang di adakan pada tanggal 8 Februari 2021 di Posyandu Bungong Ban Keuman Gampong Peunayong dan juga pemberitahuan akan dilakukan SMD (Survey Mawas Diri) di Gampong Peunayong yang nantinya akan dilakukan oleh Kader Kesehatan gampong dan Hasil SMD nantinya akan disampaikan dalam MMD (Musyawarah Masyarakat Desa);

Selanjutnya dilakukan Diskusi dan Penyampaian usulan dari setiap perwakilan masyarakat yang hadir untuk mengusulkan usulan-usulan prioritas daerah yang ada di gampong. (TMS)