A Basir Jalal menjadi Pemateri “Adat Aceh Keurija Udep dan Keurija Mate di dalam Gampong

Warta Gampong – Dalam upaya Pemerintah Gampong Peunayong meningkatkan kapasitas bagi penyelenggaraan adat istiadat di gampong (Rabu, 24/02/2021) bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Keuchik Gampong Peunayong yang diikuti oleh Keuchik, Sekdes, TPG, Ulee Jurong, Ketua Pemuda, TP PKK Gampong dan Perwakilan Masyarakat.

Panitia Kegiatan Arnida, ST menyampaikan bahwa pelatihan pembinaan lembaga adat ini dilaksanakan selama 2 hari dari pagi sampai sore hari, kegiatan ini dananya bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dengan materi yaitu Adat Aceh Keurija Udep (Melamar, Pesta Kenduri Udep, Seupama Jamee, Antar Linto dan Preh Dara Baro) dan Adat Aceh Keurija Mate yang disampaikan oleh Drs. Tgk. A. Basir Jalal yang juga Mukim Lamkuta Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

Keuchik Gampong Peunayong dalam Sambutannya mengajak dan mengharapkan kepada peserta agar serius mengikuti pelatihan ini sampai dengan selesai, karena masalah adat istiadat perlu dan harus dipahami oleh setiap pemangku ataupu penyelenggara (Lembaga Adat) di gampong. Harapan kita kedepan keurija udep dan keurija mate di gampong sesuai dengan adat istiadat di Aceh dan dapat kita implementasikan baik di tingkat jurong maupun di tingkat gampong serta dengan adanya pelatihan ini menambah pengetahuan bagi penyelenggara adat di gampong. (TMS)