Pemilu BKM Peunayong Memilih 9 Anggota Baru, Said Syahril Ditetapkan sebagai Koordinator

Info Warga – Pemerintah Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh menyelenggarakan Pemilihan Untusan Anggota Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Peunayong Periode Tahun 2022-2025 yang berlangsung di Aula Lantai 2 Kantor Keuchik Peunayong (Kamis, 22/09/2022).

Dalam Sambutannya Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. menyampaikan walaupun masa berakhirnya pengurus lama pada tanggal 9 Agustus 2022 telah lewat, namun kita tetap optimis bahwa dengan Pemilihan Utusan Anggota Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) hari ini dapat melahirkan pengurus baru yang dapat membawa BKM Peunayong untuk lebih baik lagi. Selain itu Sabri juga mengingatkan bahwa menjadi Anggota BKM merupakan pengabdian karena disini tidak ada gaji. Siapapun nantinya yang terpilih kita harapkan adalah orang-orang yang loyal dan memiliki manajemen yang baik serta memiliki semangat dan optimisme untuk membangun Gampong Peunayong kearah yang lebih baik. diakhir sambutannya Keuchik mengharapkan agar Anggota BKM Peunayong yang baru lebih solid dan mampu bekerja secara tim.

Indra Suriati selaku Tim Fasilitator Kelurahan/Desa Peunayong menyampaikan bahwa Rembug Warga Tahunan (RWT) hari ini selain penyampaian Laporan Pertanggungjawaban BKM Peunayong juga Pemilihan Pengurus BKM yang baru. Walaupun BKM Peunayong tidak ada kegiatan, tetapi LPJ tetap setiap tahunnya disampaikan ke pusat, adapun LPJ yang kita laporankan mulai dari tahun 2017, 2018, 2019 dan sampai tahun ini. Faskel juga menyampaikan bahwa menjadi Anggota BKM tidak ada gaji tetapi ini adalah bagian dari pengabdian kita di Gampong. Saat ini program-program yang masih berjalan seperti Kotaku, Sanimas, Kemiskinan Ekstrim, Pisau dan IBM. Kami perlu sampaikan kepada peserta RWT hari ini bahwa UPK Peunayong yang paling Is The Best di Kuta Alam dan Nomor 2 setelah Lambhuk dalam Pengelolaan Simpan Pinjam. Indra juga mengharapkan dengan adanya perubahan kepengurusan di BKM Peunayong, tetapi UPKnya kalau bisa tidak diganti, imbuh Indra yang juga selaku Fasilitator Kelurahan/Desa Peunayong.

Unit Pengelolaan Keuangan (UPK) BKM Peunayong Musafir menyampaikan laporan pengelolaan keuangan Simpan Pinjam yang selama ini dikelola, adapun banyak kendala dilapangan Safir juga merincikan keuangan macet, lancar dan di bank melalui Forum Rembug Warga Tahunan (RWT) yang diselenggarakan.

Forum yang hadir menyampaikan tanggapan atas laporan yang disampaikan oleh UPK diantaranya masih adanya setoran yang macet dan sebagainya.

Faskel menanggapi atas tanggapan masyarakat yaitu BKM kedepan agar menyusun langkah-langkah agar pinjaman tersebut untuk dikembalikan dengan mekanisme yang disepakati. selain itu juga Keuchik menyampaikan bahwa hutang hukumnya wajib di bayar, imbuh Sabri.

Peserta Pemilihan Utusan Anggota BKM Peunayong menetapkan Teuku Mirwan Sahputra sebagai Pimpinan Rembug, dalam rembug membahas Tata Tertib Pemilihan, Pembahasan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) BKM Peunayong. Akhirnya dari hasil pemilihan utusan Anggota BKM Peunayong terpilih sebagai berikut:

  1. Masriyanto
  2. M. Zubir
  3. Ruslan
  4. Shitia Geubrina Rahmah
  5. Said Syahril
  6. Kusmeity
  7. Azhar Risyad
  8. Munir
  9. Jap Nyuk Kim

Forum Rembug Pemilihan Utusan Anggota BKM Peunayong menyepakati dan menetapkan 9 (sembilan) nama-nama yang telah terpilih untuk ditetapkan sebagai Anggota BKM Peunayong Tahun 2022-2025. Selanjutnya Anggota BKM Peunayong yang telah terpilih melalui musyawarah menetapkan Said Syahril, ST sebagai Koordinator BKM Peunayong Tahun 2022-2025.

RWT ini juga turut dihadiri oleh Korkot Banda Aceh Mahdalena, Tim Fasilitator Kelurahan/Desa, Keuchik Gampong Peunayong, Tuha Peuet Gampong Peunayong Terpilih, Koordinator BKM Peunayong Periode Tahun 2015-2019 H. Nyak Aslianto, Koordinator BKM Peunayong Tahun 2019-2022 Ferry Suferila ST, Perangkat Gampong (Sekdes, Kasi, Kaur dan Ulee Jurong), Perwakilan Masyarakat, Perwakilan Perempuan dan unsur perwakilan dari masing-masing jurong. (TMS)