UPTD Puskesmas Kuta Alam Adakan MMD di Peunayong

PEUNAYONG-UPTD Puskesmas Kuta Alam melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang difasilitasi oleh Pemerintah Gampong Peunayong (29/11/2018) yang bertempat di Aula PAUD Gemilang Gampong Peunayong. Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang telah dilakukan oleh UPTD Puskesmas Kuta Alam di Gampong Peunayong beberapa bulan yang lalu.

Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dinyatakan bahwa Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama. Agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan. Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisa dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri (SMD).

Survei Mawas Diri adalah kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Potensi yang dimiliki antara lain ketersediaan sumber daya, serta peluang-peluang yang dapat dimobilisasi. Hal ini penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat sendiri, agar selanjutnya masyarakat dapat digerakkan untuk berperan serta aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya, sesuai batas kewenangannya.

Hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang sudah dilakukan bersama masyarakat ini selanjutnya dibahas bersama dengan perwakilan warga gampong dan masyarakat untuk selanjutnya dilakukan kegiatan perumusan dan penentuan prioritas masalah dalam sebuah forum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Ini merupakan sebuah forum pertemuan perwakilan warga gampong untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. Kegiatan MMD sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan kegiatan puskesmas agar sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di wilayah kerja.

Kegiatan ini dibuka oleh Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. yang turut dihadiri dari Unsur Perwakilan Tuha Peuet Gampong, Sekretaris Gampong, Unsur Pemuda, Para Ulee Jurong, Unsur TP-PKK Gampong, Babinsa Gampong, Babhinkamtibmas Gampong, Kader Posyandu, Kader Jumantik, Kader Posbindu dan Kader Bina Keluarga Balita.

Secara umum kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tahun 2018 di Gampong Peunayong berjalan dengan lancar dan berbagai macam usulan rencana kegiatan yang berasal dari hasil analisis kebutuhan masyarakat ini akan ditindaklanjuti dan disampaikan kepada dinas terkait. (TMS)