Penguatan Ketahanan Pangan di Tingkat Gampong Peunayong

Syahrul Alam, SH (Praktisi Hidroponik) sedang memberikan materi Pelatihan Dasar Hidroponik Dalam Program Ketahanan Pangan

Info Warga – Pemerintah Gampong Peunayong menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penguatan Ketahanan Pangan di Tingkat Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (Rabu, 07/09/2022) yang bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Keuchik dan 3 Lokasi Titik Rencana Penanaman Hidroponik yaitu PAUD Gemilang Peunayong, Lr. Al Muttaqin dan Lr. Tepi Kali).

Untuk mewujudkan kecukupan pangan bagi seluruh warga Desa, pencapaian kemandirian pangan Desa, dan memastikan Desa terlepas dari kerawanan pangan serta penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan dan hewani di Desa berdasarkan ketentuan Pasal 5 ayat (4) huruf b Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022, Dana Desa dianggarkan melalui program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen).

Gampong Peunayong sesuai dengan kondisi yang ada melalui Program Ketahanan Pangan mengusung kegiatan Ketahanan Pangan Nabati melalui Sistem Hidroponik yang terbagi ke dalam 3 (tiga) kelompok masyarakat.

Kegiatan Pelatihan Penguatan Ketahanan Pangan diikuti sebanyak 24 orang peserta yang kegiatannya dibuka langsung oleh Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag., Pelaksana Kegiatan Mujiburrahmad Shadly, ST yang juga Kasi Kesejahteraan kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 7 – 8 September 2022 yang diikut oleh 24 orang peserta, sedangkan pemateri/narasumber yaitu Camat Kuta Alam Arie Januar, S.STP., M. Si., dan Syahrul Alam, SH (Praktisi Hidroponik).

Peserta Pelatihan yang mengikuti kegiatan pelatihan ini selain mendapatkan uang saku, smart toolskit dan konsumsi. (TMS)