Tuha Peuet Gampong Peukan Langsa Silaturrahmi ke Gampong Sadar Kerukunan Banda Aceh

Info Warga – Pemerintah dan Tuha Peuet Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh menerima kunjungan Tuha Peuet Gampong Peukan Langsa Kecamatan Langsa Kota Kota Langsa (Kamis, 02/12/2021) di Kantor Keuchik Gampong Peunayong.

Ketua TPG Peukan Langsa Mualifin, SE selaku Ketua Rombongan berserta Sulaiman (Anggota TPG) dan Nailul Autar (Sekretaris TPG) tiba di Kantor Keuchik Peunayong pukul 14.00 WIB yang disambung oleh Keuchik Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. bersama Tuha Peuet Gampong Peunayong, Perangkat Gampong Peunayong, Ketua Pemuda Peunayong dan Para Kader.

Adapun tujuan kedatangan TPG Peukan Langsa beserta rombongan ke Gampong Peunayong untuk silaturrahmi dalam rangka menggali berbagai potensi yang ada termasuk salah satunya keberagaman dan toleransi yang selama ini telah berjalan di Peunayong yang dikenal sebagai Gampong Sadar Kerukunan, untuk diterapkan di Gampong Peukan Langsa. Peunayong yang mayoritas penduduknya non muslim merupakan pusat perdagangan, jasa dan kuliner di Kota Banda Aceh yang aktif 24 jam, serta fluralismenya sangat tinggi dibandingkan dengan tempat kami di Peukan Langsa yang memiliki kesamaan dengan Peunayong imbuh Mualifin.

Keuchik Peunayong menyampaikan bahwa toleransi yang ada saat ini telah berjalan sejak dulu, karena masyarakat di Peunayong sangat menerima perbedaan, hal ini terlihat dari interaksi sosial antar masyarakat yang sangat berbaur antar satu dengan lainnya.

Ketua TPG Peunayong Prof. Dr. Ir. H. Razali, M. Si., M.T. dalam pemaparannya bahwa Peunayong adalah icon Provinsi Aceh, gampong yang sibuk 24 jam yang aktivitasnya silih berganti dan orang keluar masuk, tetapi Peunayong tetap aman dan damai. Karena hampir seluruh penduduk di usia kerja sibuk dengan berbagai aktivitasnya masing-masing. Terkait penyelenggaraan Pemerintahan Gampong selama ini sudah sangat baik dan kami selaku TPG mengawasi dengan ketat jalannya pemerintahan gampong baik dari perencanaan, pengelolaan keuangan dan lain sebagainya terkait dengan gampong. Keuchik dalam penyelenggaraan pemerintahan dibantu oleh Perangkat yang notabenya anak-anak muda serta dalam bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing sehingga pelayanan di Kantor Keuchik berjalan dengan lancar. Sementara Anggota TPG Peunayong berasal dari berbagai latar belakang disiplin ilmu, pekerjaan dan aktivitas yang berbeda-beda. TPG Peunayong berjumlah 7 orang diantaranya 6 orang laki-laki 1 orang perempuan.

Terkait BUMG dan andalan Peunayong, Mualifin menanyakan apa-apa saja ? Keuchik Peunayong menyampaikan bahwa BUMG Peunayong saat ini yang berjalan ada beberapa unit usaha diantaranya Pangkalan Gas Elpiji, Babershop, dan Penyewaan Barang seperti teratak, kursi dan panggung. Andalan PAG Peunayong saat ini selain dari BUMG dan sumber-sumber lain yang sah yang diperoleh dari partisipasi warga dan sumber lainnya.

Keuchik Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. menyampaikan perlu membangun silaturrahmi dan kebersamaan itu sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran dan semangat keberagaman serta toleransi ditengah masyarakat. Diakhir pertemuan Sabri menyerahkan bingkisan kepada rombangan yang diterima oleh Ketua TPG Peukan Langsa Mualifin, SE dan dilanjutkan dengan foto bersama. (TMS)