Pengabdian Masyarakat Kerjasama Jurusan Teknik Kimia USK dengan Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh

Warta Gampong – Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh bekerjasama dengan Gampong Peunayong mengadakan Pengabdian Masyarakat (Rabu, 24/03/2021) yang bertempat di Kantor Keuchik Gampong Peunayong.

Pengabdian masyarakat ini berlangsung selama 1 (satu) hari yang dilakukan oleh Dosen-dosen dari Jurusan Teknik Kimia USK. Adapun jenis kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Sabun Cair
    1. Saiful Ramli, M. Sc. (Bidang Ilmu Proses Industri Kimia)
    2. Dr. Sri Aprilia, M.T. (Bidang Ilmu Kimia Organik)
    3. Mukhlishien, M. Eng.Sc. (Bidang Ilmu Ilmu Lingkungan)
  • Pemilahan Sampah
    1. Mukhriza, S.T., M. Sc. (Bidang Ilmu Teknologi Proses)
    2. Zuhra, S.T., M. Sc. (Bidang Ilmu Pengenalan Teknik Kimia
    3. Ir. Cut Meurah Rosnelly, M.T. (Bidang Ilmu Teknik Reaktor)
  • Minyak Angin
    1. Hesti Meilina, S.T., M. Si. (Bidang Ilmu Kimia Analisa I)
    2. Mirna Rahmah Lubis, S.T., MS. (Bidang Ilmu Kimia Dasar)
    3. Dr. Abrar Muslim, S.T., M. Eng. (Bidang Ilmu Matematika Teknik Kimia)
  • Pupuk Organik Cair
    1. Wahyu Rinaldi, S.T., M. Sc. (Bidang Ilmu Menggambar Teknik)
    2. Suraiya, S.T., LL.M., M.T. (Bidang Ilmu Kimia Organik)
    3. Nasrul AR, S.T., M.T. (Bidang Ilmu Teknologi Air dan Buangan Industri)

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah warga Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh sebanyak 20 Orang. Peserta ini berasal dari berbagai macam profesi ada yang Ibu Rumah Tangga, Pedagang dan lain-lain.

Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. mengucapkan terima kasih banyak atas kegiatan yang telah dilakukan oleh Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh kepada masyarakat Gampong Peunayong, harapan kami agar kegiatan yang telah dilakukan ini dapat membawa manfaat bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat Gampong Peunayong.

Peserta pada saat mengikuti kegiatan ini juga diberikan buku saku untuk Pemilahan Sampah 3R (Reuse, Reduce, Recycle), Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC), Pembuatan Minyak Angin Aroma Terapi, Pembuatan Sabun Cair Pencuci Piring.

Diakhir kegiatan peserta juga mendapatkan sabun cair, minyak angin dan pupuk organik cair yang dibagikan kepada seluruh peserta beserta sabun dan pupuk organik cair yang masih dalam proses permentasi. (TMS)