Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dan Pembentukan Rumah Gampong Sehat (RGS)

Warta Gampong – Pemerintah Gampong Peunayong menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dan Pembentukan Rumah Gampong Sehat (RGS) (Senin, 26/10/2020) yang bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Keuchik Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

Kegiatan MMD dan RGS ini dihadiri oleh TPG, Aparatur Pemerintah Gampong, Perwakilan dari UPTD Puskesmas Kuta Alam, Para Kader, Plt. Ketua Pemuda Gampong, Babinsa Gampong, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan unsur masyarakat lainnya. Acara ini dibuka langsung oleh Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rumah Gampong Sehat ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam rangka pencegahan stunting di Indonesia.

Pembentukan dalam upaya pemerintah untuk penanganan stunting serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat gampong melalui Sekretariat Bersama yang berfungsi sebagai pegiat pemberdayaan dan pembangunan dalam bidang kesehatan yang berasal dari Kader Posyandu, Kader Kesehatan Gampong, Guru PAUD, Toga, Tomas, Kader PKK dan unsur masyarakat lainnya yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan di gampong.

Dalam kesempatan yang sama juga perwakilan dari UPTD Puskesmas Kuta Alam Ibu Agustina, SKM memaparkan hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang telah dilakukan bersama kader gampong dilapangan tahun 2019 dan awal tahun 2020 terhadap permasalahan kesehatan di gampong, tandasnya.

Selain itu, pemateri RGS Mahdani Ramli, SE yang juga selaku Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Kuta Alam menjelaskan tentang pentingnya Rumah Gampong Sehat (RGS) atau nama lain dalam upaya penanganan Stunting di gampong. (TMS)