Keuchik Gampong Peunayong menerima Rombongan Studi Banding dari Trumon Tengah

Photo Bersama Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. bersama Para Keuchik dan Perangkat Gampong dari Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan

PEUNAYONG – Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. didampingi oleh Sekretaris Gampong Teuku Mirwan Sahputra menerima kunjungan beberapa Keuchik dari Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan di ruang kerjanya (Selasa, 03/12/2019).

Kunjungan Gampong Pulo Paya dan Gampong Cot Bayu dari Kecamatan Trumon Tengah tersebut dalam rangka studi banding tentang penyelenggaraan pemerintahan gampong, pelaksanaan adat istiadat gampong, pengelolaan anggaran, serta penerapan reusam gampong.

Keuchik Gampong Pulo Paya T. Rustam Tr yang baru saja dilantik beberapa bulan yang lalu dan juga sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai Keuchik Gampong Pulo Paya selama 15 tahun menyampaikan bahwa tujuan kami memilih Gampong Peunayong karena kami melihat disini adalah gampong yang kompleks selain berada di pusat kota dan juga merupakan daerah jasa perdagangan.

Kedatangan kami untuk melihat langsung bagaimana proses penyelenggaraan pemerintahan gampong, pelaksanaan adat istiadat dan pengelolaan anggaran yang selama ini dilakukan. Kami berharap apa yang telah dilakukan oleh Gampong Peunayong dapat kami implementasikan. Selain itu mereka juga kedepan ingin lebih serius dalam mempromosi berbagai macam potensi yang ada, maka untuk itu Keuchik dari Trumon Tengah berharap dapat memiliki website yang dapat mereka kelola dalam meningkatkan promosi gampong ke dunia yang lebih luas. Peran dan dukungan dari Pemerintah Gampong Peunayong sangat kami harapkan dalam berbagi informasi serta pengalaman yang ada, karena kami melihat Gampong Peunayong memiliki website yang dikelola secara aktif oleh gampong.

Kedua Keuchik tersebut juga membawa perangkat gampongnya masing-masing yang terdiri dari para kasi, kaur dan operator yang selama ini menjadi pembantunya dalam melaksanakan tugas dan fungsi Keuchik.

Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan telah memilih Gampong Peunayong sebagai tujuan Studi Banding para Keuchik dari Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Sabri juga menceritakan bagaimana tanggungjawab seorang Keuchik dalam mengelola Pemerintah Gampong baik secara baik dan benar.

TMS sebagai Sekretaris Gampong Peunayong memaparkan tentang penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan anggaran sampai pada peran kelembagaan gampong dan masyarakat dalam membantu pemerintahan gampong untuk mencapai visi dan misinya. Selain itu, TMS menambahkan pentingnya peran perangkat gampong dalam membantu Keuchik serta harus menjalankan tugasnya sesuai dengan tugas dan fungsi sebagaimana yang telah diembankan kepada setiap perangkat gampong sesuai dengan peraturan perundangan yang  berlaku. (TMS)