Pemilihan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Muttaqin Gampong Peunayong Periode Tahun 2019-2022

PEUNAYONG – Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh menyelenggarakan musyawarah Pemilihan Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Muttaqin Gampong Peunayong Periode Tahun 2019-2022 yang bertempat di Masjid Al Muttaqin Gampong Peunayong (Rabu, 27/11/2019).

Musyawarah ini diselenggarakan untuk memilih Kepengurusan BKM Al Muttaqin Gampong Peunayong yang baru, karena sebelum musyawarah ini diselenggarakan Tgk. H. Ramli, SE di tunjuk sebagai Pelaksana Tugas oleh Keuchik Gampong Peunayong.

Kegiatan musyawarah ini dihadiri oleh Unsur Pemerintah Gampong, Tuha Peuet Gampong, Pengurus Masjid, Pemuda Gampong, Tokoh dan Unsur Masyarakat Gampong, Bhabinkamtibmas Gampong dan Babinsa Gampong.

Pimpinan musyawarah dan juga sebagai Plt. Ketua BKM Al Muttaqin Gampong Peunayong menyatakan bahwa mulai saat ini statusnya sebagai Pelaksana Tugas sudah dimisioner. Pimpinan musyawarah menyampaikan kepada forum musyawarah, apakah pimpinan musyawarah saya lanjutkan atau kita pilih yang lain pimpinan musyawarahnya. Seluruh peserta menyepakati bahwa pimpinan musyawarah tetap dilanjutkan oleh Saudara Tgk. H. Ramli, SE sampai dengan terpilihnya Ketua yang definitif.

Pimpinan musyawarah menawarkan beberapa opsi kepada seluruh peserta musyawarah terkait mekanisme pemilihan Ketua BKM Al Muttaqin Gampong Peunayong Periode Tahun 2019-2022 sebagai berikut:

  1. Pemilihan dilakukan melalui Tim Formatur; dan
  2. Pemilihan dilakukan secara langsung dan terbuka.

Setelah melalui proses pembahasan yang panjang akhirnya semua peserta musyawarah menyepakati hasil sebagai berikut:

  1. mekanisme pemilihan Ketua BKM Al Muttaqin Gampong Peunayong Periode Tahun 2019-2022 dilakukan secara langsung dan terbuka.
  2. Adapun usulan calon ketua yang dicalonkan sebagai berikut :
    1. Tgk. ZUBAILI
    2. Tgk. H. IBRAHIM
  3. Hasil pemilihan yang dilakukan dengan cara voting dimenangkan oleh Saudara Tgk. ZUBAILI melebihi dari 65% sedangkan Saudara Tgk. H. IBRAHIM dibawah 35% dari jumlah peserta musyawarah yang hadir.
  4. Peserta musyawarah menyepakati bahwa Tgk. ZUBAILI terpilih sebagai Ketua BKM Al Muttaqin Gampong Peunayong Periode Tahun 2019-2022.
  5. Ketua terpilih diminta untuk menyusun kepengurusan BKM Al Muttaqin yang baru dan untuk segera disampaikan kepada Keuchik untuk ditetapkan dalam Surat Keputusan Keuchik.

Ketua terpilih menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta musyawarah yang telah memberikan amanah kepadanya untuk memimpin Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Muttaqin Gampong Peunayong untuk 3 (tiga) tahun kedepan. Amanah yang diberikan kepada saya sangat berat jika saya mengerjakannya sendiri, untuk itu saya sangat mengharapkan dukungan semuanya untuk bersama-sama memakmurkan masjid yang kita cintai ini.

Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. Mengucapkan selamat kepada Ketua Terpilih BKM Al Muttaqin Gampong Peunayong Periode Tahun 2019-2022. Keuchik berpesan kepada Ketua terpilih harus mampu mengayom serta mampu bekerja dengan baik untuk kemajuan dan memakmurkan masjid. Keuchik juga mengharapkan kepada Ketua terpilih agar memperhatikan bidang-bidang yang sangat penting untuk ditempatkan orang-orang yang mampu bekerja serta pengaturan jadwal khatib dan imam secara baik dan proporsional dan diakhir sambutannya T. Sabri Harun menekankan kepada Ketua terpilih dan seluruh peserta musyawarah bahwa Masjid Al Muttaqin Gampong Peunayong tetap kita pertahankan paham “Ahlusunnah Waljamaah” imbuhnya. (TMS)

Dokumentasi Musyawarah Pemilihan :