Pelatihan Pangan yang Sehat dan Aman

PEUNAYONG – Pemerintah Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat mengadakan kegiatan pelatihan pangan yang sehat dan aman bagi warga masyarakat gampong (24/12/2018) yang bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Keuchik Gampong Peunayong.

Panitia Pelaksana Sri Ayu Fitri yang juga sebagai Kepala Seksi Pelayanan Gampong Peunayong mengharapkan agar masyarakat gampong yang mengikuti pelatihan ini dapat membedakan mana makanan atau minuman yang mengandung boraks, formaline dll. Kata panitia untuk memastikan makanan dan minuman yang mengandung boraks atau formaline langsung di ujicoba dengan sampel seperti kerupuk, bakso dan jenis makanan dan minuman lainnya dengan alat test kit yang terdiri dari boraks, formaline, roadmine A dan roadmine B.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari (3 JP) yang diikut oleh sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu, pemuda dan unsur lainnya. Pemateri pada pelatihan ini yaitu Dra. Cut Safrina Indriawati, Apt., M. Kes. selaku (Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi) Balai Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Aceh.

Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. dalam sambutannya mengaharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan ini hingga selesai, Sabri menyampaikan kedepan di Gampong Peunayong akan dibentuk Tim Ketahanan Pangan Gampong yang bertugas mengawasi Obat dan Makanan yang beredar dalam Gampong Peunayong agar bebas dari boraks, formaline dan sejenisnya serta untuk sehat dan aman dikonsumsi oleh warga masyarakat. Selain itu, Sabri mengharapkan kepada seluruh warga masyarakat gampong yang belum melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2018 untuk segera dilunasi agar persentase realisasi PBB Gampong meningkat imbuhnya. Selanjutnya Sabri juga mengharapkan keseriusan semua pihak dalam bekerjasama dan serius membangun gampong. (TMS)