Tim KPPN Aceh Monev Dana Desa

PEUNAYONG – Tim dari Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Aceh melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Dana Desa di Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh (30/10/2018).

Tim KPPN Aceh yang berjumlah 3 orang didamping oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Banda Aceh Safwan, S.Sos. dan diterima oleh Keuchik Gampong Peunayong T. Sabri Harun, S. Ag. di Ruang kerjanya yang didampingi oleh Sekretaris Gampong Teuku Mirwan Sahputra.

Pertemuan yang berlangsung selama 1 jam membicarakan masalah dan kendala-kendala yang dialami oleh gampong dalam pengelolaan dana desa, pelaksanaan kegiatan serta pelaporan keuangan. Selain itu juga produk-produk dan program-program yang telah dilakukan dan hasil yang telah diperoleh yang sumbernya berasal dari dana desa.

Keuchik Gampong Peunayong menjelaskan bahwa dengan adanya dana desa, pemerintah gampong sangat terbantu dalam hal pelaksanaan program-program yang dibutuhkan oleh masyarakat. Melalui dana desa kami telah melakukan penyertaan modal Pemerintah Gampong kepada BUMG Hareukat Aneuk Nanggro Gampong Peunayong dan Alhamdulillah saat ini BUMG Hanan telah memiliki beberapa Unit Usaha diantaranya Unit Usaha Pangkas Rambut, Unit Usaha Fotokopi, ATK dan PPOB, Unit Usaha Penyewaan Barang (Teratak, Panggung, Kursi dll) serta Unit Usaha Rumah Produksi yaitu dimana unit ini mengumpulkan semua hasil kerajinan tangan masyarakat yang dipasarkan di rumah produksi ini, selain itu juga menerima pesanan kue dan juga memiliki usaha menjahit. Program kegiatan lain yaitu peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat gampong, peningkatan pendidikan bagi anak usia dini dan kegiatan lainnya sesuai dengan kondisi gampong.

Selanjutnya Tim mengunjungi Unit Usaha Fotokopi, ATK dan PPOB, Unit Usaha Penyewaan Barang, Unit Usaha Rumoh Produksi dan Unit Usaha Pangkas Rambut.

Keuchik Gampong T. Sabri Harun, S. Ag. mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim ke Gampong Peunayong dan beliau berharap agar terus terjalin komunikasi dalam berbagi informasi untuk menjadikan gampong ini menuju gampong yang Smart. (TMS)